9 Apr 2011

0

Parameter Analisa Kompetisi SEO

  • 9 Apr 2011
  • Om-template
  • Share
  • Parameter Analisa Kompetisi SEO - Search engine optimization (SEO) menurut wikipedia adalah merupakan suatu proses untuk meningkatkan kemampuan visibilitas website atau halaman web di situs pencarian melalui cara yang "natural" atau un-paid ( "organik" atau "algorithma") pada hasil pencarian. Pengertian organik di sini adalah merupakan daftar hasil pencarian pada mesin pencari berdasarkan keyword yang memang di cari. Sehingga bagi internet marketer memandang SEO ini merupakan salah satu poin utama untuk bisa memenangkan kompetisi dengan marketer lainnya di dunia maya. Teknik SEO memang banyak di lakukan oleh para internet marketer untuk membuat website atau halaman web nya terindeks oleh mesin pencari dan duduk di peringkat 1 pada halaman pertama di hasil mesin pencarian. Namun tidak jarang dari mereka menggunakan teknik black hat SEO untuk bisa memenangkan kompetisi di internet, dan banyak juga mereka gagal dengan menggunakan teknik black hat seo karena mereka tidak mengetahui kompetisi yang sebenarnya terjadi di internet dan regulasi yang di terapkan oleh situs pencarian tersebut dalam hal ini google.
    Bagi para internet marketer pemula sebaiknya mengetahui peta kompetisi yang terjadi di internet sehingga anda bisa menerapkan berbagai macam teknik SEO dengan tepat dan benar. Berikut parameter-parameter competitive analysis yang sebaiknya jadi pertimbangan untuk mengoptimalkan SEO pada website anda, seperti pepatah Sun Tzu " Kenali Lawan, Kenali Area, dan Kenali Diri Anda Sendiri" : 

    1. Kuantitas incoming links
    Jumlah incoming link merupakan salah satu parameter yang harus menjadi pertimbangan untuk melihat kekuatan lawan anda, jika lawan anda mempunyai incoming link yang banyak pada websitenya sebaiknya anda perlu memaksimalkan incoming link website anda.
    Tool yang bisa di gunakan : Add on SeoQuake Firefox | Chrome | Safari

    2. Kualitas incoming links

    Selain kuantitas perlu diperhatikan jangan lupa kualitas incoming links pada website anda juga penting, dan sebaiknya berasal dari situs, blog, atau website yang berkualitas maupun yang setema dengan website anda. Dan pastikan sobat blogger juga lihat juga incoming links website lawan anda.
    Tool yang bisa di gunakan : Open Site Explorer

    3. Jumlah halaman terindeks
    Jumlah halaman yang terindeks oleh mesin pencarian bisa juga sebagai parameter untuk mengukur kekuatan lawan anda. Apakah jumlah halaman wabsite lawan anda yang terindek oleh mesin pencari lebih banyak daripada website anda? Sebaiknya perlu pertimbangkan lagi untuk memaksimalkan jumlah halaman website sobat blogger.
    Tool yang bisa di gunakan : Add on SeoQuake Firefox | Chrome | Safari

    4. Anchor Text
    Anchor text atau penekanan keyword dengan menyisipkan link yang diinginkan sebaiknya harus mempunyai format yang SEO friendly, contoh :Nama blog Hiervie-BLOG lebih baik daripada anda menggunakan kata klik di sini atau clik here. Perhatikan format anchor text lawan anda, dan analisa setiap anchor text tersebut.
    Tool yang bisa digunakan : Open Site Explorer

    5. Website struktur design

    Jika struktur design website anda tidak valid, biasa spider mesin pencari akan kesulitan membaca konten yang ada pada website anda. Sebaiknya website anda memenuhi syarat W3C agar bisa terbaca dengan baik atau tercrawler oleh spider mesin pencari. Gunakan tool ini untuk melihat bagaimana si spider melihat/membaca isi konten website anda.
    Tool yang bisa digunakan : SEO Browser

    6. Optimasi pihak ke 3

    Jika kompetisi semakin berat, saran saya sebaiknya gunakan jasa pihak ke tiga untuk membantu usaha SEO anda untuk memaksimalkan posisi website anda di mesin pencari, karena dengan bantuan pihak ke tiga akan meringankan beban anda dalam persaingan di internet marketing.
    Pihak ketiga yang biasa di gunakan adalah IBusiness Promoter yang akan membantu sobat dengan software SEO yang canggih dan menjadi 10 top ranking di google, yahoo, dan bing serta mesin pencari lainnya.

    Sumber : http://subagya.blogspot.com/2011/02/parameter-analisa-kompetisi-seo.html

    0 Responses to “Parameter Analisa Kompetisi SEO”

    Subscribe